Selasa, 22 Maret 2016

Opini Penulis Tentang Sarana dan Prasarana Wisata yang Ada

Tugas Kepariwisataan Ke.4 :


Pendapat anda tentang Sarana dan Prasarana Pendukung wisata yang ada ?


Menurut pendapat penulis, sarana pariwisata adalah fasilitas yang disediakan oleh perusahaan guna memberikan pelayanan kepada para wisatawan baik secara langsung maupun tidak langsung, karena maju mundurnya sarana kepariwisataan tergantung pada jumlah kunjungan wisatawan. Sementara pengertian prasarana pariwisata adalah semua fasilitas utama yang menjadikan tempat wisata dapat hidup dan berkembang dalam rangka memberikan pelayanan kepada para wisatawan. Pariwisata merupakan sebuah media promosi sebuah daerah. Karenanya, pengembangan pariwisata tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan sarana dan prasarana memadai, terutama infrastruktur menuju destinasi wisata.

“Sarana dan prasarana sesuatu yang mutlak untuk kemajuan pariwiwsata. Wisata kebanyakan ada di kabupaten/kota dan kendala saat ini anggaran di kota/kabupaten masih sangat kecil,” Ujar Ketua DPRD Jateng Rukma Setiabudi dalam diskusi KOPI Jurnalis Forum Wartawan Pemprov Jateng (FWPJT) di lobby DPRD Jateng.  Jadi saat ini masih banyak tempat wisata di daerah-daerah yang kekurangan Sarana dan Prasarana tetapi Pemprov Daerah setempat tidak dapat berbuat banyak dikarenakan minimnya dana dan juga kurangnya perhatian Pemerintah Pusat. Padahal sejatinya ketersediaan Sarana dan Prasana Wisata yang cukup itu sangatlah penting, untuk itu Pemerintah Kota atau Kabupaten harus mampu mewujudkan Sarana dan Prasarana yang memadai untuk mengangkat Pariwisata Daerah.

Keberhasilan Pariwisata, selain ketersediaan dana untuk memperbaiki sarana wisata harus didukung juga dengan akses menuju destinasi. Menurut Penulis Indonesia memiliki keindahan alam yang lebih baik dibandingkan dengan negara lain, contohnya Raja Ampat dengan Holong Bay, dalam hal keindahan alam Raja Ampat lebih bagus dibanding Holong Bay, namun karena Infrastruktur dan Prasarana masih belum baik, seperti harga tiket pesawat lebih mahal dan transportasinya lebih sulit, maka jika dipikirkan secara rasional para turis akan lebih memilih Holong Bay. Untuk turis asing, akan lebih rumit apabila belum tersedia Prasarana dan infrastruktur dan tidak terkoneksinya destinasi wisata indonesia.
Menurut penulis sarana yang ideal bagi para wisatawan adalah tempat wisata yang memiliki 3 bagian penting sarana kepariwisataan yaitu Sarana Pokok Kepariwisataan (Main Tourism Suprastructure), Sarana Pelengkap Kepariwisataan (Supplementing Tourism Suprastructure), Sarana Penunjang Kepariwisataan (Supporting Tourism Suprastructure).


Sarana Pokok Kepariwisataan (Main Tourism Suprastructure) berupa Travel Agent, Tour Operator, Perusahaan Transportasi, Restoran, Bar, objek dan atraksi wisata.

Sarana Pelengkap Kepariwisataan (Supplementing Tourism Suprastructure), sarana ini dapat berupa lapangan tenis, lapangan bola, kolam renang, dll.

Sarana Penunjang Kepariwisataan (Supporting Tourism Suprastructure) Adalah perusahaan yang menunjang sarana pokok dan sarana pelengkap yakni fasilitas-fasilitas yang diperlukan wisatawan khususnya tourism business yang berfungsi untuk membuat para wisatawan lebih lama tinggal di daerah yang dikunjungi agar lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di daerah tersebut. Sarana ini berupa night club, casino, steambath, dll.


Sementara prasarana yang ideal untuk para wisatawan adalah tempat wisata memilikiakses jalan yang baik untuk menuju ke lokasi wisata yang dituju. Akses jalan tersebut berupa jalan raya yang bagus atau tidak rusak, jembatan, terminal bus, rel dan stasiun kereta api, pelabuhan udara (airport), dan pelabuhan laut (harbour).

Tempat wisata tersebut harus memiliki prasarana air bersih, prasarana listrik, prasarana kesehatan seperti rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat. Terdapat prasarana keamanan, pendidikan dan hiburan. Terdapat prasarana telekomunikasi seperti memadainya sinyal jaringan seluler, karena biasanya di tempat wisata yang terletak didaerah terpencil sulit sekali untuk mendapatkan sinyal.

Penulis menyimpulkan bahwa Perbaikan Sarana, Prasarana, Logistik, dan Infrastruktur Destinasi wisata indonesia dapat memudahkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Daetrah –daerah yang ada di Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Blogroll

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogroll

About

A Geeks who loves Vernon so much

Copyright © Blog Softskills Task | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com