Selasa, 31 Mei 2016

Kenapa Belajar Sastra Inggris penting di jurusan Sastra Inggris ?

Kenapa Belajar Sastra Inggris penting di jurusan Sastra Inggris ?


cr : Online-stagram


Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang ,mengapa mempelajari Kepariwisataan itu sangat penting di jurusan satra inggris. hmm mungkin sempat terlintas dipikiran kalian semua "Buat apa sih belajar kepariwisataan ? memangnya apa hubungannya dengan Sastra Inggris?" itu adalah salah satu hal yang mungkin saja pernah terbesit di pikiran mahasiswa sastra inggris yang mendapatkan mata kuliah "Kepariwisataan"  tetapi taukah kalian....  Didalam kehidupan bermasyarakat banyak sekali hubungan yang terjalin baik di dalam rumah, kantor, suatu daerah, bahkan sampai hubungan antar Negara. Terkadang kita memerlukan sesuatu di suatu daerah atau Negara tersebut baik itu untuk perjalanan wisata, bisnis maupun lainnya. Maka dari itu kita membutuhkan banyak informasi mengenai bidang kepariwisataan agar dapat mengerti dengan baik tujuan, manfaat serta keuntungan yang dapat diperoleh dalam bidang ini.


Kepariwisataan merupakan sebuah kegiatan usaha dalam melayani dan memenuhi kebutuhan atau keinginan seorang wisatawan yang akan memulai atau sedang dalam melakukan sebuah perjalanan. Sedangkan menurut UU No.9 Bab I pasal 1 tahun 1990 tentang kepariwisataan menyatakan bahwa: “Kepariwisataan adalah segala kegiatan dan urusan yang ada kaitannya dengan perencanaan, pengaturan, pelaksanaan dan pengawasan pariwisata baik yang dilakukan oleh pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat.” Kemudian menurut Oka A. Yoeti dalam bukunya “Pengantar Ilmu Pariwisata” yang menyatakan bahwa: “Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan maksud bukan untuk berusaha (Business) atau mencari nafkah di tempat yang dikunjungi tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna bertamasya dan rekreasi atau memenuhi keinginan yang beraneka ragam.”

Setelah mengetahui berbagai macam pengertian mengenai “Kepariwisataan” dari berbagai macam sumber yang dapat dipercaya telah memudahkan kita semua dalam memahami apa itu kepariwisataan secara baik, tanpa merasa ragu untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat. Selain pengertian dari kepariwisataan, masih ada tujuan serta manfaatnya.

Sesuai dengan intruksi presiden nomor 9 tahun 1969 yang dikutip dari buku “ Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata” oleh Oka A. Yoeti (1997: hal 35) dikatakan bahw tujuan dari pengembangan kepariwisataan adalah:

Meningkatkan pendapatan devisa pada khususnya dan pendapatan Negara serta masyarakat pada umumnya. Memperluas kesempatan serta lapangan kerja dan mendorong kegiatan-kegiatan industri penunjang dan industri sampingan lainnya.
Memperkenalkan keindahan alam dan kebudayaan Indonesia.

Meningkatkan persaudaraan atau persahabatan nasional dan internasional.
Begitu pula manfaat yang didapat dari bidang kepariwisataan mencakup dalam berbagai bidang, yaitu ekonomi, budaya, politik, lingkungan hidup, nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan, peluang dan kesempatan kerja.

Manfaat kepariwisataan dari segi Ekonomi

Kepariwisataan menghasilkan devisa yang besar bagi Negara sehingga dapat meningkatkan perekonomian suatu Negara.

Manfaat kepariwisaataan dari segi Budaya

Membawa sebuah pemahaman dan pengertian antar budaya melalui interaksi wisatawan dengan masyarakat lokal tempat daerah wisata tersebut berada. Sehingga dari interaksi inilah para wisatawan dapat mengenal dan menghargai budaya masyarakat setempat dan juga memahami latar belakang kebudayaan lokal yang dianut oleh masyarakat tersebut.

Manfaat kepariwisataan dari segi politik

Memelihara hubungan internasional dengan baik, yaitu dalam hal pengembangan pariwisata mancanegara. Akan terjadi kunjungan antar bangsa sebagai wisatawan seperti hal nya dalam pariwisata nusantara, sehingga dapat memberi inspirasi untuk selalu mengadakan pendekatan dan saling menghormati.

Manfaat kepariwisataan dari segi lingkungan hidup

Karena sebuah objek wisata apabila ingin banyak mendapatkan kunjungan dari wisatawan harus terjaga kebersihannya sehingga masyarakat secara bersama-sama sepakat untuk merawat serta memelihara lingkungan atau daerah yang dijadikan sebagai sebuah objek wisata.

Manfaat kepariwisataan dari segi nilai pergaulan dan ilmu pengetahuan

Memiliki teman dari berbagai macam Negara sehingga dapat mengetahui kebiasaan mereka serta mempelajari kebiasaan baik dari Negara mereka tersebut. Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan kita dapat mempelajari pariwisata serta dapat mengetahui dimana letak dan keunggulan sebuah objek wisata sehingga dapat menerapkan di daerah objek wisata daerah kita yang belum berkembang dengan baik.

Manfaat kepariwisataan dari segi peluang dan kesempatan kerja

Menciptakan berbagai macam kesempatan kerja, serta mendirikan berbagai macam usaha yang dapat mendukung objek kepariwisataan menjadi lebih baik dan menarik.
Itulah beberapa hal mengenai “Kepariwisataan” yang telah dibahas secara lengkap dan mendetil. Sehingga bagi masyarakat atau para pembaca yang ingin mencari tahu informasi lebih mengenai “Kepariwisataan” dapat membaca tulisan ini. Dan ilmu yang didapat dari tulisan ini dapat diterapkan di lingkungan masyarakat sekitar.

Dari Berbagai Manfaat Diatas maka kita dapat simpulkan seberapa Pentingnya Kepariwisataan itu " Bagi siapapun " termasuk Mahasiswa satra inggris. Apalagi bila ditilik dari segi manfaat, nanti kita juga bisa bekerja dalam bidang Pariwisata loh. jadi buat Mahasiswa Sastra Inggris sekalian, kita tak akan dibatasi dimana kita akan bekerja nantinya dan ada kemungkinan besar juga kita bisa memasuki dunia kepariwisataan karna pekerjaan dalam bidang ini cukup menjanjikan. 

misalnya saja menjadi Travel Guide, kita tentu sangat diuntungkan dalam hal ini kenapa ? karna kita sudah mempelajari dasar" kepariwisataan saat kuliah (di Gunadarma) dan hanya harus mengembangkannya lebih jauh lagi. 

cr : huffingtonpost


Bukan Hanya menjadi Travel Guide tetapi kita juga bisa menjadi pemilik Travel Agency

cr : smartdestinations

Jadi Kawan Sastra Inggris sekalian Belajar Kepariwisataan itu Penting. Dan kita sangatlah beruntung jika mendapatkan Pelajaran ini saat kuliah karna dengan begitu kita dilatih untuk dapat mendalami usaha yang berhubungan dengan kepariwisataan nantinya dan juga kita dapat memperluas wawasan serta mengasah skill menulis kita.

Keep on Fighting Guys.... we are born to be a leader don't ever be a loser because that's not why we are working hard to. semoga kawan semua sukses UTS nya dan juga lancar kuliahnya..


Least Thank youuuuu


0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Blogroll

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

BTemplates.com

Blogroll

Blogroll

About

A Geeks who loves Vernon so much

Copyright © Blog Softskills Task | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com